Friday, February 10, 2017

Open Government 3.0: Lima prinsip penting yang dapat menjadi semacam peta jalan praktis bagi hadirnya sebuah agenda keterbukaan pemerintah yang lebih transformatif

Agenda Pemerintahan Terbuka 3.0. Berikut adalah prinsip-prinsip tersebut :

Prinsip # 1: Komitmen dan kepemimpinan tingkat tinggi serta koordinasi antar-lembaga sangatlah penting untuk mencari solusi bagi permasalahan di dalam siklus pelayanan publik secara komprehensif.

Prinsip # 2: Mengintegrasikan platform akuntabilitas berbasis digital ke dalam upaya reformasi pelayanan publik yang lebih luas, bukan sebagai inisiatif yang berdiri sendiri.

Prinsip # 3: Desain platform harus mampu memberikan solusi yang jelas bagi tantangan kinerja yang harus diselesaikan dan mempertimbangkan masukan pengguna untuk memastikan solusi yang paling tepat.

Prinsip # 4: Perlu untuk menyelaraskan agenda keterbukaan pemerintah dengan insentif politik untuk membangun dukungan politik bagi agenda pembangunan.

Prinsip # 5: Memperluas basis dukungan untuk platform akuntabilitas digital baik di dalam dan di luar pemerintahan untuk menjamin keberlanjutannya.   

No comments:

Post a Comment