Friday, February 10, 2017

Rekomendasi Atas Prinsip-Prinsip Open Government (Keterbukaan Pemerintah)


Prinsip
Deskripsi
Partisipasi publik yang efektif
Partisipasi publik secara aktif didorong dengan menginformasikan, berkonsultasi, melibatkan dan memberdayakan warga dan organisasi sosial.
Transparansi dan Akuntabilitas
Pemerintah harus aktif di dalam menjelaskan semua tindakan mereka dan mengambil tanggung jawab publik untuk segala tindakan dan keputusan mereka.
Open Data
Tersedianya data primer pemerintah yang terbuka, lengkap, tepat waktu, dapat diakses, dapat diproses secara otomatis, non-diskriminatif, non-eksklusif, berlisensi bebas dan sesuai dengan standar internasional untuk diterbitkan melalui situs di intrnet.
Pembukaan akses dan penggunaan informasi publik
Informasi publik harus dipastikan terdistribusi hingga mencapai seluruh komponen masyarakat secara penuh. Prioritas utama diberikan untuk penggunaan lisensi bebas, memungkinkan penggunaan kembali informasi oleh publik.
Akses dan kemudahan
Bila memungkinkan, penyederhanaan dan kemudahan di dalam memahami data, informasi, dan pelayanan pemerintah
Kolaborasi dan Ko-Kreasi
Praktik dan kebijakan yang dirancang untuk mendorong kolaborasi dan proses ko-kreasi di semua tahapan proses dengan publik.
Inklusivitas dan Keberagaman
Ada perhatian terhadap keragaman dan inklusivitas sosial. Perempuan, orang dengan disabilitas, kaum minoritas dan / atau rentan harus bisa untuk disertakan. Perhatian termasuk penggunaan bahasa yang tepat, teknologi dan metodologi untuk memasukkan minoritas di dalam proses kolaborasi publik

No comments:

Post a Comment